Pengemasan Hasil Kerja Proyek



















1.    Target Market
sekelompok pelanggan bisnis telah memutuskan untuk tujuan yang pemasaran usaha dan akhirnya nya barang menuju.  Sebuah target pasar yang didefinisikan dengan baik adalah elemen pertama dari strategi pemasaran . Produk , harga , promosi , dan tempat yang empat elemen dari bauran pemasaran strategi yang menentukan keberhasilan suatu produk atau jasa di pasar . Hal ini terbukti bahwa bisnis harus memiliki definisi yang jelas tentang target pasar mereka karena hal ini dapat membantu mencapai target konsumen dan menganalisis apa kebutuhan dan kesesuaian mereka. (Wikipedia, 2016)

2.    Ergonomis
            
v  Keamanan   (security)   yaitu   jaminan   tentang   keamanan orang
v  Kenyamanan   (comfortable),   yaitu   kenyamanan   apabila produk  tersebut  digunakan.  Barang  yang  enak digunakan disebut barang terap
v  Keluwesan    (flexibility),    yaitu    keluwesan    penggunaan. Produk    yang  wujudnya  sesuai  dengan  kegunaan  atauterapannya.  Produk  terap/pakai  dipersyaratkan  memberi kemudahan   dan   keluwesan   penggunaan   agar   pemakai tidak mengalami kesulitan dalam penggunaannya. (Community, 2014)

3.    Ukuran

v  Kemampuan/daya membungkus yang baik untuk memudahkan dalam penanganan, pengangkutan, distribusi, penyimpanan dan penyusunan/ penumpukan.
v  Kemampuan melindungi isinya dari berbagai risiko dari luar, misalnya perlindungan dari udara panas/dingin, sinar/cahaya matahari, bau asing, benturan/tekanan mekanis, kontaminasi mikroorganisme.
v  Kemampuan sebagai daya tarik terhadap konsumen. Dalam hal ini identifikasi, informasi dan penampilan seperti bentuk, warna dan keindahan bahan kemasan harus mendapatkan perhatian.
v  Persyaratan ekonomi, artinya kemampuan dalam memenuhi keinginan pasar, sasaran masyarakat dan tempat tujuan pemesan.
v  Mempunyai ukuran, bentuk dan bobot yang sesuai dengan norma atau standar yang ada, mudah dibuang, dan mudah dibentuk atau dicetak. (wikipedia, 2016)

4.    Ciri Khas

v        Frekuensi Pemakaian

ü  Kemasan Sekali Pakai (Disposable), yaitu kemasan yang langsung dibuang setelah satu kali pakai.
ü  Kemasan yang Dapat Dipakai Berulang Kali (Multi Trip)
v  Struktur Sistem Kemas Berdasarkan letak atau kedudukan suatu bahan kemas di dalam sistem kemasan keseluruhan dapat dibedakan atas :
ü  Kemasan Primer, yaitu bahan kemas langsung mewadahi bahan pangan
ü  Kemasan Sekunder, yaitu kemasan yang fungsi utamanya melindungi kelompok kemasan lainnya,
v  Sifat Perlindungan Terhadap Lingkungan
ü  Kemasan Hermetis, yaitu wadah yang secara sempurna tidak dapat dilalui oleh gas, misalnya kaleng dan botol gelas.
ü  Kemasan Tahan Cahaya, yaitu wadah yang tidak bersifat transparan, misalnya kemasan logam, kertas dan foil. (wikipedia, Penggolongan Kemasan, 2016)

5.    Special Pack

v  Secara manual, dengan menggunakan tangan tanpa bantuan alat/mesin. Contohnya : membungkus tempe dengan daun atau plastik, kembang gula, membungkus teh dalam kemasan kertas, dan sebagainya.
v  Semi mekanik, menggunakan tangan dengan dibantu peralatan tertentu, misalnya menutup botol kecap/minuman, penggunaan heat sealer untuk merekatkan plastik.
v  Mekanis, dengan mesin kemas yang digerakkan oleh tenaga listrik/motor berkecepatan tinggi. Umumnya proses pengemasan bersamaan dengan proses pengisian bahan dalam satu unit mesin seperti pengisian botol minuman ringan, obat-obatan, dan sebagainya. (mikirbae, 2016)

Daftar Pustaka


Community, B. (2014, Mei 09). ergonomis. Retrieved Agustus 18, 2016, from Bondowoso Community: https://bondowoso-jawa.blogspot.co.id/2014/09/unsur-estetika-dan-ergonomis-produk-kerajinan.html
mikirbae. (2016, Maret 04). pengemasan dan promosi produk. Retrieved from mikirbae: http://www.mikirbae.com/2016/04/pengemasan-dan-promosi-produk.html
wikipedia. (2016, April 20). Pengemasan. Retrieved Agustus 18, 2016, from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Pengemasan
wikipedia. (2016). Penggolongan Kemasan. jakarta: https://id.wikipedia.org/wiki/Pengemasan.
Wikipedia. (2016, agustus 01). Target_market. Retrieved Agustus 18, 2016, from Wikipedia: https://en.wikipedia.org/wiki/Target_market




Download Artikel DISINI






           Biodata
Nama               : Ahmad Faisal S.N
Tgl Lahir         : 06 Mei 1999

Moto               : No Lesson No Life

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »