1.
Target Market
sekelompok
pelanggan bisnis telah memutuskan untuk tujuan yang pemasaran usaha dan
akhirnya nya barang menuju. Sebuah
target pasar yang didefinisikan dengan baik adalah elemen pertama dari strategi
pemasaran . Produk , harga , promosi , dan tempat yang empat elemen dari bauran
pemasaran strategi yang menentukan keberhasilan suatu produk atau jasa di pasar
. Hal ini terbukti bahwa bisnis harus memiliki definisi yang jelas tentang
target pasar mereka karena hal ini dapat membantu mencapai target konsumen dan
menganalisis apa kebutuhan dan kesesuaian mereka. (Wikipedia,
2016)
2.
Ergonomis
v
Keamanan (security)
yaitu jaminan tentang
keamanan orang
v
Kenyamanan (comfortable), yaitu
kenyamanan apabila produk tersebut
digunakan. Barang yang
enak digunakan disebut barang terap
v
Keluwesan (flexibility), yaitu
keluwesan penggunaan. Produk yang
wujudnya sesuai dengan
kegunaan atauterapannya. Produk
terap/pakai dipersyaratkan memberi kemudahan dan
keluwesan penggunaan agar
pemakai tidak mengalami kesulitan dalam penggunaannya. (Community,
2014)
3.
Ukuran
v Kemampuan/daya membungkus yang
baik untuk memudahkan dalam penanganan, pengangkutan, distribusi, penyimpanan
dan penyusunan/ penumpukan.
v Kemampuan melindungi isinya dari
berbagai risiko dari luar, misalnya perlindungan dari udara panas/dingin, sinar/cahaya
matahari, bau asing, benturan/tekanan mekanis, kontaminasi mikroorganisme.
v Kemampuan sebagai daya tarik
terhadap konsumen. Dalam hal ini identifikasi, informasi dan penampilan seperti
bentuk, warna dan keindahan bahan kemasan harus mendapatkan perhatian.
v Persyaratan ekonomi, artinya
kemampuan dalam memenuhi keinginan pasar, sasaran masyarakat dan tempat tujuan
pemesan.
v Mempunyai ukuran, bentuk dan
bobot yang sesuai dengan norma atau standar yang ada, mudah dibuang, dan mudah
dibentuk atau dicetak. (wikipedia, 2016)
4.
Ciri Khas
v Frekuensi Pemakaian
ü
Kemasan
Sekali Pakai (Disposable), yaitu kemasan yang langsung dibuang setelah satu
kali pakai.
ü
Kemasan
yang Dapat Dipakai Berulang Kali (Multi Trip)
v Struktur Sistem Kemas Berdasarkan
letak atau kedudukan suatu bahan kemas di dalam sistem kemasan keseluruhan
dapat dibedakan atas :
ü
Kemasan
Primer, yaitu bahan kemas langsung mewadahi bahan pangan
ü
Kemasan
Sekunder, yaitu kemasan yang fungsi utamanya melindungi kelompok kemasan
lainnya,
v Sifat Perlindungan Terhadap
Lingkungan
ü
Kemasan
Hermetis, yaitu wadah yang secara sempurna tidak dapat dilalui oleh gas,
misalnya kaleng dan botol gelas.
ü
Kemasan
Tahan Cahaya, yaitu wadah yang tidak bersifat transparan, misalnya kemasan
logam, kertas dan foil. (wikipedia, Penggolongan Kemasan, 2016)
5.
Special Pack
v Secara manual, dengan menggunakan
tangan tanpa bantuan alat/mesin. Contohnya : membungkus tempe dengan daun atau
plastik, kembang gula, membungkus teh dalam kemasan kertas, dan sebagainya.
v Semi mekanik, menggunakan tangan
dengan dibantu peralatan tertentu, misalnya menutup botol kecap/minuman,
penggunaan heat sealer untuk merekatkan plastik.
v Mekanis, dengan mesin kemas yang
digerakkan oleh tenaga listrik/motor berkecepatan tinggi. Umumnya proses
pengemasan bersamaan dengan proses pengisian bahan dalam satu unit mesin
seperti pengisian botol minuman ringan, obat-obatan, dan sebagainya. (mikirbae,
2016)
Daftar
Pustaka
Community, B. (2014, Mei 09). ergonomis.
Retrieved Agustus 18, 2016, from Bondowoso Community:
https://bondowoso-jawa.blogspot.co.id/2014/09/unsur-estetika-dan-ergonomis-produk-kerajinan.html
mikirbae. (2016, Maret 04). pengemasan dan
promosi produk. Retrieved from mikirbae:
http://www.mikirbae.com/2016/04/pengemasan-dan-promosi-produk.html
wikipedia. (2016, April 20). Pengemasan.
Retrieved Agustus 18, 2016, from wikipedia:
https://id.wikipedia.org/wiki/Pengemasan
wikipedia. (2016). Penggolongan Kemasan.
jakarta: https://id.wikipedia.org/wiki/Pengemasan.
Wikipedia. (2016, agustus 01). Target_market.
Retrieved Agustus 18, 2016, from Wikipedia:
https://en.wikipedia.org/wiki/Target_market
Download Artikel DISINI
Biodata
Nama : Ahmad Faisal S.N
Tgl
Lahir : 06 Mei 1999
Moto : No Lesson No Life