Analisis Orjinalitas Proyek


















1.     Otonimi Tim Kerja
Tim kerja (work group) adalah kelompok yang berinteraksi utamanya untuk saling berbagi informasi untuk membuat keputusan guna membantu satu sama lain dalam hal wilayah kewenangannya masing-masing. Kelompok kerja tidak memiliki kebutuhan ataupun kesempatan guna terlibat di dalam kerja kolektif yang memerlukan upaya gabungan. Akibatnya, kinerja mereka sekadar totalitas kontribusi dari seluruh individu anggota kelompok. Tidak ada sinergi positif yang menciptakan tingkat kinerja keseluruhan yang lebih besar ketimbang totalitas input yang mereka berikan. (Baso, 2011)




KARAKTERISTIK
Penelitian mendalam mengenai sifat-sifat dan hasil-hasil interaksi dalam kehidupan  (empat) ciri kelompok yaitu :
Ø  Terdapat dorongan (motif) yang sama pada individu-individu yang menyebabkan terjadinya interaksi di antaranya kearah tujuan yang sama.
Ø  Terdapat akibat-akibat interaksi yang berlainan terhadap individu-individu yang satu dari yang lain berdasarkan reaksi-reaksi dan kecakapan-kecakapan-kecakapan yang berbeda-beda antara individu yang terlibat di dalamnya. (tips, 2015)


2.     Investigasi kelompok secara kolaboratif
Investigasi kelompok secara filosofis beranjak dari paradigma konstruktivis, yakni terdapat suatu situasi yang di dalamnya para siswa berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain dengan berbagai informasi dan melakukan pekerjaan secara kolaboratif untuk menginvestigasi suatu masalah, merencanakan, mempresentasikan serta mengevaluasi kegiatan mereka. (Rsuwandi, 2011). Menurut Winataputra (1992:39) “model GI atau investigasi kelompok telah digunakan dalam berbagai situasi dan dalam berbagai bidang studi dan berbagai tingkat usia. sedangkan menurut Nurasma (2006:62) Model Group Investigation adalah:
Ø  Model pembelajaran kooperatif yang dilaksanakan dengan cara mencari dan menemukaninformasi (gagasan, opini, data, solusi ) dari berbagai macam sumber (buku-buku, institusi-institusi, orang-orang) didalam dan diluar kelas. Siswa mengevaluasi dan mensistesiskan semua informasi yang disampaikan oleh masing-masing anggota kelompok dan akhirnya dapat menghasilkan produk berupa kelompok”. (husni, 2012)


3.     Gagasan orisinil dan terintegrasi 
Tujuan pendidikan tidak dapat dilepaskan dari tujuan adaptasi lingkungan terutama lingkungan dunia kerja. Para siswa perlu disiapkan kecakapan hidupnya (life skills)untuk memasuki dunia kerjanyang profesional. di sekolah atau di kelas siswa dapat belajar memadukan kepentingan belajar yang bersifat akademis dengan tujuan membantu masyarakat lingkungannya menghasilkan produk hasil belajar yang dapat berguna bagi siswa dan masyarakat. (Admin, 2013)

Daftar Pustaka

Admin. (2013, Juni 19). education mantap. Retrieved Agustus 11, 2016, from pembelajaran-berorientasi-proyek: http://education-mantap.blogspot.co.id/2013/06/pembelajaran-berorientasi-proyek.html
Baso, A. (2011, Oktober 26). KELOMPOK DAN TIM KERJA. Retrieved Agustus 11, 2016, from The Power Of JUJU: http://syamsulshaleh.blogspot.co.id/2011/10/kelompok-dan-tim-kerja.html
husni, j. (2012, Noovember 11). Model pembelajaran Cooperative Grup Investigation. Retrieved Agustus 11, 2016, from jumrida husni: https://jumridahusni2.wordpress.com/2013/11/24/model-pembelajaran-cooperative-grup-investigation/
Rsuwandi. (2011, Juli 12). INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MAHASISWA TERHADAP MATERI PERKULIAHAN. Retrieved Agustus 11, 2016, from Ruswandi: http://ruswandi.staf.upi.edu/2012/07/11/investigasi-kelompok-group-investigation-untuk-meningkatkan-penguasaan-mahasiswa-terhadap-materi-perkuliahan/
tips, D. (2015, Juni 14). Perilaku Organisasi. Retrieved Agustus 11, 2016, from Dokumen tips: http://dokumen.tips/documents/perilaku-organisasi-tim-kerja.html

           


Silahkan Download Link DISINI


            


Biografi
Nama              : Ahmad Faisal            S.N
Tgl Lahir          : 06 Mei 1999

Moto   `           : No Lesson No Life

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »