1.
Otonimi Tim
Kerja
Tim kerja
(work group) adalah kelompok yang berinteraksi utamanya untuk saling berbagi informasi
untuk membuat keputusan guna membantu satu sama lain dalam hal wilayah
kewenangannya masing-masing. Kelompok kerja tidak memiliki kebutuhan ataupun
kesempatan guna terlibat di dalam kerja kolektif yang memerlukan upaya
gabungan. Akibatnya, kinerja mereka sekadar totalitas kontribusi dari seluruh
individu anggota kelompok. Tidak ada sinergi positif yang menciptakan tingkat
kinerja keseluruhan yang lebih besar ketimbang totalitas input yang mereka
berikan. (Baso, 2011)
KARAKTERISTIK
Penelitian
mendalam mengenai sifat-sifat dan hasil-hasil interaksi dalam kehidupan (empat) ciri kelompok yaitu :
Ø Terdapat
dorongan (motif) yang sama pada individu-individu yang menyebabkan terjadinya
interaksi di antaranya kearah tujuan yang sama.
Ø Terdapat
akibat-akibat interaksi yang berlainan terhadap individu-individu yang satu
dari yang lain berdasarkan reaksi-reaksi dan kecakapan-kecakapan-kecakapan yang
berbeda-beda antara individu yang terlibat di dalamnya. (tips, 2015)
2.
Investigasi
kelompok secara kolaboratif
Investigasi
kelompok secara filosofis beranjak dari paradigma konstruktivis, yakni terdapat
suatu situasi yang di dalamnya para siswa berinteraksi dan berkomunikasi satu
sama lain dengan berbagai informasi dan melakukan pekerjaan secara kolaboratif
untuk menginvestigasi suatu masalah, merencanakan, mempresentasikan serta
mengevaluasi kegiatan mereka. (Rsuwandi, 2011) . Menurut Winataputra
(1992:39) “model GI atau investigasi kelompok telah digunakan dalam berbagai
situasi dan dalam berbagai bidang studi dan berbagai tingkat usia. sedangkan
menurut Nurasma (2006:62) Model Group Investigation adalah:
Ø Model
pembelajaran kooperatif yang dilaksanakan dengan cara mencari dan
menemukaninformasi (gagasan, opini, data, solusi ) dari berbagai macam sumber
(buku-buku, institusi-institusi, orang-orang) didalam dan diluar kelas. Siswa
mengevaluasi dan mensistesiskan semua informasi yang disampaikan oleh
masing-masing anggota kelompok dan akhirnya dapat menghasilkan produk berupa
kelompok”. (husni, 2012)
3. Gagasan orisinil dan terintegrasi
Tujuan
pendidikan tidak dapat dilepaskan dari tujuan adaptasi lingkungan terutama
lingkungan dunia kerja. Para siswa perlu disiapkan kecakapan hidupnya (life
skills)untuk memasuki dunia kerjanyang profesional. di sekolah atau di kelas
siswa dapat belajar memadukan kepentingan belajar yang bersifat akademis dengan
tujuan membantu masyarakat lingkungannya menghasilkan produk hasil belajar yang
dapat berguna bagi siswa dan masyarakat. (Admin, 2013)
Daftar
Pustaka
Admin. (2013, Juni 19). education mantap.
Retrieved Agustus 11, 2016, from pembelajaran-berorientasi-proyek:
http://education-mantap.blogspot.co.id/2013/06/pembelajaran-berorientasi-proyek.html
Baso, A. (2011, Oktober 26). KELOMPOK DAN TIM
KERJA. Retrieved Agustus 11, 2016, from The Power Of JUJU:
http://syamsulshaleh.blogspot.co.id/2011/10/kelompok-dan-tim-kerja.html
husni, j. (2012, Noovember 11). Model
pembelajaran Cooperative Grup Investigation. Retrieved Agustus 11, 2016,
from jumrida husni: https://jumridahusni2.wordpress.com/2013/11/24/model-pembelajaran-cooperative-grup-investigation/
Rsuwandi. (2011, Juli 12). INVESTIGASI KELOMPOK
(GROUP INVESTIGATION) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MAHASISWA TERHADAP MATERI
PERKULIAHAN. Retrieved Agustus 11, 2016, from Ruswandi:
http://ruswandi.staf.upi.edu/2012/07/11/investigasi-kelompok-group-investigation-untuk-meningkatkan-penguasaan-mahasiswa-terhadap-materi-perkuliahan/
tips, D. (2015, Juni 14). Perilaku Organisasi.
Retrieved Agustus 11, 2016, from Dokumen tips:
http://dokumen.tips/documents/perilaku-organisasi-tim-kerja.html
Silahkan Download Link DISINI
Biografi
Nama : Ahmad Faisal
S.N
Tgl Lahir : 06 Mei 1999
Moto ` : No Lesson No
Life