Laporan Akhir Kerja Proyek

























1.     Ketentuan penulisan

v  Bahan dan Ukuran Kertas Bahan dan ukuran kertas yang dipakai dalam sebuah karya ilmiah adalah sebagai berikut:
ü  Ukuran kertas: A4 (21 x 29,7 cm).
ü  Jenis kertas: HVS 80 gram.
ü  Kertas doorslag berwarna (sesuai dengan warna yang telah ditentukan) dengan lambang Universitas Mulawarman sebagai pembatas. (KURNIAWAN, 2014)
v  Pengetikan
ü  Ketentuan-ketentuan dalam pengetikan sebuah karya ilmiah dirinci sebagai berikut:
ü  Menggunakan software pengolah kata dengan flatform Windows, seperti MS Word, Excel, dan lain-lain.
ü  Jenis huruf yang digunakan adalah Times New Roman dengan ukuran 12 kecuali untuk:
ü  Halaman judul sampul/luar (hard cover) dan halaman judul dalam (soft cover), yang menggunakan huruf tegak (kecuali istilah asing) dan dicetak tebal (bold) dengan ukuran font mulai 12 sampai 16 (disesuaikan dengan panjang judul, lihat Lampiran). (fanandriyawan, 2013)

2.     Metode Penulisan Laporan Penelitian

v  Pengertian berarti cara atau jalan yang ditempuh. Sehubungan dengan upaya ilmiah,maka metode menyangkut masalah cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan.
v  Sistematika laporan penelitian Unsur-unsur isi penulisan laporan penelitian Secara umum, tesis memuat unsur-unsur sebagai berikut: Halaman judul Halaman judul memuat judul tesis secara penuh, nama dan gelar kesarjaan mahasiswa yang mengajukan tesis, namun program studi dan unit akademik dimana tesis diajukan, dan tanggal pengajuan tesis.
v  Ringkasan (abstrak) adalah uraian singkat tentang latar belakang, masalah penelitian, tujuan, metode dan temuan-temuan penelitian yang panjangnya tidak lebih dari 500 kata dengan spasi rapat (1 spasi)
v  Pernyataan (statement) Pernyataan (statement) adalah keterangan yang ditanda tangani oleh mahasiswa, yang membuat penjelasan tentang otensitas tesis.
v  Kata pengantar memuat ucapan terima kasih penulis pada berbagai pihak, baik individu, kelompok, maupun organisasi, yang dinilai turut membantu dalam penyelesaian karya ilmiah yang dibuat. (mustaqim, 2011)


3.     Kerangka laporan tugas akhir
HALAMAN JUDUL,HALAMAN PENGESAHAN, KATA PENGANTAR ,MOTTO ,DAFTAR ISI ,DAFTAR GAMBAR ,BAB I PENDAHULUAN ,1.1 Latar Belakang ,1.2 Perumusan Masalah ,1.3 Batasan Masalah ,1.4 Tujuan ,BAB II PENGENALAN ,2.1 Dasar Teori ,2.2 Teori Komponen ,BAB III PEMBAHASAN ,3.1 Pembahasan Komponen ,3.2 Diagnosa Masalah ,3.3 Bahan dan Alat ,3.4 Penanganan Masalah ,3.5 Anggaran ,BAB IV PENUTUP ,4.1 Kesimpulan ,4.2 Saran , DAFTAR PUSTAKA (ROVINGAH, 2012)





4.     Penjelasan Kerangka laporan tugas akhir

v  Bab Pendahuluan adalah bab yang mengantarkan isi naskah, yaitu bab yang berisi hal-hal umum yang dijadikan landasan kerja penyusun. Pendahuluan dalam karya ilmiah biasanya terdiri atas

v  Latar Belakang Masalah, Latar belakang masalah merupakan uraian hal-hal yang menyebabkan perlunya dilakukan penelitian terhadap suatu masalah atau problematika yang muncul, dapat ditulis dalam bentukan uraian paparan atau poin-poin saja

v   Identifikasi Masalah, Identifikasi masalah merupakan kumpulan masalah yang berhasil diurai

v  Pembatasan Masalah, diambil dari bagian-bagian identifikasi masalah yang akan diteliti. Biasanya tidak semua masalah yang berhasil diidentifikasi diteliti karena keterbatasan biaya, waktu, dan kemampuan.

v  Tujuan Penelitian, diambil dari batasan masalah

v  Manfaat Penelitian. manfaat penelitian bisa dituliskan manfaat untuk si peneliti atau guru, lembaganya dan bagi dunia pendidikan pada umumnya.

v  Kajian TeoriKajian teori atau kerangka teori berisi prinsip-prinsip teori yang memengaruhi dalam pembahasan. Prinsip-prinsip teori itu berguna untuk membantu gambaran langkah dan arah kerja. Kerangka teori akan membantu penulis dalam membahas masalah yang sedang diteliti

v  Penelitian ilmiah harus menggunakan metode atau teknik penelitian. Metode adalah seperangkat langkah yang tersusun secara sistematis.

v  Analisis atau Pembahasan Bab analisis ini merupakan bab yang terpenting dalam penelitian ilmiah. Dalam bab ini akan dilakukan kegiatan analisis, sintesis pembahasan, interpretasi, jalan keluar dan beberapa pengolahan data secara tuntas. (berkreasi, 2016)







Daftar Pustaka


berkreasi, M. (2016, Maret 02). kerangka pembuatan laporan tugas akhir. Retrieved Agustus 18, 2016, from Mari berkreasi: http://hmprambors.blogspot.co.id/2016/02/kerangka-pembuatan-laporan-tugas-akhir.html
fanandriyawan. (2013, September 10). penulisan-laporan-yang-baik-dan-benar. Retrieved Agustus 18, 2016, from taufanandriyawan: http://taufanandriyawan.blogspot.co.id/2013/10/penulisan-laporan-yang-baik-dan-benar.html
KURNIAWAN, E. (2014, Januari 04). FORMAT STANDAR PENULISAN MAKALAH. Retrieved Agustus 18, 2016, from Menjelajah Tiada Akhir: http://menjelajahtiadaakhir.blogspot.co.id/2014/01/format-standar-penulisan-makalah.html
mustaqim. (2011, Februari 01). contoh metode penulisan laporan. Retrieved Agustus 18, 2016, from mustaqim: http://mtsmustaqim.blogspot.co.id/2011/01/contoh-metode-penulisan-laporan.html
ROVINGAH. (2012, Mei 03). contoh kerangka laporan tugas akhir. Retrieved Agustus 18, 2016, from Komunikasi Rofingah: http://fingah1.blogspot.co.id/2012/03/contoh-kerangka-laporan-tugas-akhir.html






Download Silahkan DISINI







           Biodata
Nama               : Ahmad Faisal S.N
Tgl Lahir         : 06 Mei 1999

Moto               : No Lesson No Life

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »