Enkapsulasi Dan Frame Relay



1.     Definisi

Enkapsencapsulation , secara umum merupakan suatu proses yang membuat satu jenis paket data jaringan menjadi jenis data lainnya. Enkapsulasi terjadi ketika sebuah protokol yang berada pada lapisan yang lebih rendah menerima data dari protokol yang berada pada lapisan yang lebih tinggi dan meletakkan data ke format data yang dipahami oleh protokol tersebut. Dalam OSI Reference Model, proses enkapsulasi yang terjadi pada lapisan terendah umumnya disebut sebagai "framing". (wikipedia, 2012)

Frame Ethernet yang dienkapsulasi ke dalam bentuk frame Asynchronous Transfer Mode (ATM) agar dapat ditransmisikan melalui backbone ATM.ulasi merupakan suatu proses yang membuat satu jenis paket data jaringan menjadi enis data lainnya. Enkapsulasi terjadi ketika sebuah protocol yang berada pada lapisan yang lebih rendah menerima data dari protocol yang berada pada lapisan yang lebih tinggi dan meletakkan data yang di pahami oleh prorocol tersebut. (fraiza, 2014)


2.     The High Level Data Link Control protocol (HDLC)

Adalah enkapsulasi default yang digunakan pada antarmuka serial sinkron dari router Cisco. Anda akan ingat bahwa antarmuka serial sinkron memerlukan perangkat clocking eksternal (seperti CSU / DSU) dalam rangka sinkronisasi pengiriman dan penerimaan data. HDLC merupakan superset dari Synchronous Data Link Control (SDLC) protokol yang awalnya dikembangkan oleh IBM untuk digunakan dalam lingkungan SNA. SNA SDLC dan akan melihat lebih rinci nanti dalam bab ini.
HDLC adalah protokol lapisan Data Link digunakan untuk membungkus dan mengirimkan paket-paket di atas link point-to-point. Ini menangani transfer data di full duplex, serta fungsi-fungsi manajemen link. (agunglaksono, 2014)


3.     Point-to-Point Protocol (sering disingkat menjadi PPP)

Adalah sebuah protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada wide area network (WAN). Protokol ini merupakan standar industri yang berjalan pada lapisan data-link dan dikembangkan pada awal tahun 1990-an sebagai respons terhadap masalah-masalah yang terjadi pada protokol Serial Line Internet Protocol (SLIP), yang hanya mendukung pengalamatan IP statis kepada para kliennya. Dibandingkan dengan pendahulunya (SLIP), PPP jauh lebih baik, mengingat kerja protokol ini lebih cepat, menawarkan koreksi kesalahan, dan negosiasi sesi secara dinamis tanpa adanya intervensi dari pengguna. (daud, 2009)


4.     Password Authentication Protocol (PAP)
Prosedur otentifikasi dengan dua langkah yaitu User yang ingin mengakses sistem mengirimkan otentifikasi identitas biasanya user dan password. Sistem mengecek validitas identifikasi dan password dengan cara menerima atau menolak koneksi.


5.     Challenge Handshake Authentication (CHAP)
Protokol otentifikasi three-way-handshaking yang memberikan keamanan yang lebih tinggi dari PAP. Dalam metode ini password akan disimpan secara aman dan tidak pernah dikirimkan secara online. (alfredoeblog, 2013)



DAFTAR PUSTAKA


agunglaksono. (2014, Agustus 08). ppp. Retrieved from Papandaan: http://agunglaksono13.blogspot.co.id/2014/08/ppp.html
alfredoeblog. (2013, Januari 04). perbedaan-pap-dan-chap. Retrieved from alfredoeblog: https://alfredoeblog.wordpress.com/2013/01/04/perbedaan-pap-dan-chap/
daud. (2009, ei 26). /penjelasan-tentang-wan. Retrieved from daud33: https://daud33.wordpress.com/2009/07/25/penjelasan-tentang-wan-2/
fraiza. (2014, Juni 04). enkapsulasi-wan. Retrieved from fraizageraldi: https://fraizageraldi97.blogspot.co.id/2014/09/enkapsulasi-wan.html
wikipedia. (2012, April 30). Enkapsulasi_(komputer). Retrieved from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Enkapsulasi_(komputer)










Share this

Related Posts

Previous
Next Post »