Kebutuhan Pelanggan
1.
Definisi
Kebutuhan Pelanggan
v Tujuan
didirikannya perusahaan bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan. Dan
satu-satunya sumber keuntungan tersebut adalah pelanggan. Semua kegiatan
penjualan, produksi, dan pemasaran memiliki
v Tujuan
yaitu untuk menarik minat pelanggan agar membeli produk dan jasa mereka dalam
rangka untuk membawa keuntungan perusahaan.
v Beberapa
perusahaan gagal untuk mengambil waktu untuk mengenal pelanggan mereka dan
berhubungan dengan mereka. (Akuinginsukses, 2010)
2. Memahami
Kebutuhan Pelanggan
v Pepatah
yang mengatakan bahwa pelanggan adalah jalur kehidupan bisnis memang benar.
Mereka mendefinisikan bisnis dan perusahaan yang sangat tergantung pada
kebutuhan mereka untuk sebagian besar penjualan dan kegiatan pemasaran.
v Rahasia
bisnis yang solid dan sukses adalah untuk menempatkan pelanggan di jantung
bisnis dan membuat mereka merasa menjadi bagian penting dari perusahaan Anda. (SSBelajar, 2014)
3. Hubungan
Pelanggan
v Pengertian
Hubungan Pelanggan adalah sebuah
sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan,
menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan dan
pascapenjualan dalam sebuah organisasi. CRM melingkupi semua aspek yang
berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini, termasuk di dalamnya
adalah pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales force),
pemasaran, dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (field
service). (Wikipedia, 2016)
v Unsur yang
paling penting dalam bisnis adalah konsep hubungan pelanggan. Dalam pendekatan
ini, cara terbaik yang harus digunakan adalah komunikasi dua arah. Tujuan dari
hubungan pelanggan adalah mengidentifikasi kemungkinan masalah dan untuk
mengetahui kebutuhan yang muncul yang .Ketika berhadapan dengan pelanggan, Mereka
mungkin juga menawarkan saran untuk membuat bisnis Anda lebih baik.Komentar
pelanggan harus didengarkan, diperhatikan, dan ditindaklanjuti. tantangan bagi
perusahaan untuk tumbuh dan meningkatkan ke arah yang positif. (Sylvia, 2012)
4. Penelitian
Pelanggan
Memahami kebutuhan pelanggan
dengan melakukan analisis perilaku konsumen akan membantu perusahaan
mendefinisikan dan menciptakan peluang pasar baru yang pada gilirannya akan
memberikan kontribusi untuk pertumbuhan pendapatan dalam organisasi. Jadi,
perusahaan harus melakukan riset pasar secara reguler dengan data dan informasi
berdasarkan perkembangan tren terbaru. Dengan penelitian, bisnis Anda akan
mampu menghasilkan strategi pemasaran yang baru dan mendapatkan berbagai
informasi penting yang dapat mendorong kemajuan. (PPS, 2013)
Daftar
Pustaka
Akuinginsukses, T. (2010, Maret 15). Kunci Sukses
Bisnis: Memahami Keinginan dan Kebutuhan Pelanggan. Retrieved Agustus 03,
2016, from Aku Ingin Sukses:
http://www.akuinginsukses.com/kunci-sukses-bisnis-memahami-keinginan-dan-kebutuhan-pelanggan/
PPS. (2013, Mei 18). analisis kepuasan pelanggan
pada perusahaan. Retrieved Agustus 03, 2016, from Unud pps:
www.pps.unud.ac.id/.../unud-120-774750590-tesis%20cokorda%20gde%20dharma%...
SSBelajar. (2014, September 03). Kebutuhan
Pelanggan. Retrieved Agustus 03, 2016, from SS BELAJAR:
http://www.ssbelajar.net/2014/04/kebutuhan-pelanggan.html
Sylvia, R. (2012, December 27). Manajemen
Hubungan Pelanggan Customer Relationship Management (CRM). Retrieved
Agustus 03, 2016, from pemasaran jasa informasi: http://rizkysilia.blogspot.co.id/
Wikipedia. (2016, Juni 19). Manajemen hubungan
pelanggan. Retrieved Agustus 03, 2016, from Wikipedia:
https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_hubungan_pelanggan
Download Artikel DISINI
Nama :
Ahmad Faisal S.N
Tgl Lahir : 06 Mei 1999
Sekolah : SMKI
1 BLITAR