Pembentukan Team Kerja














1.     Pengertian Team Kerja 

Membangun tim adalah seperti pembinaan tetapi untuk kelompok.Agar efektif orang perlu bekerja sama menuju tujuan bersama secara terkoordinasi dan kooperatif. membangun tim adalah suatu proses yang sistematis yang dirancang untuk meningkatkan hubungan kerja dan fungsi tim (febriansyah, 2012)

Ø  Alasan mengapa membuat team sangat penting adalah:
1.       sebagian besar organisasi sangat kompleks dan dengan de-layering harus ada team building bagi mereka untuk berhasil
2.       semua orang perlu bekerja menuju tujuan bersama (team building yang akan menghasilkan dan memelihara) yang harus dicapai dan jelas dikomunikasikan
3.       tim lingkungan bangunan akan mengungguli lingkungan tim tidak berbasis (admin, 2012)
Ø  Tujuan Pembentukan team
1.       Klarifikasi visi dan misi
2.       Pembentukan peran anggota tim dan tanggung jawab
3.       Mekanisme untuk menyelesaikan konflik dan penghapusan perilaku disfungsional
Ø  Peraturan Pembentukan Tim
1.       Sebuah kelompok kecil (biasanya 5 sampai 15 karyawan) yang "memiliki" bagian yang berbeda dari proses dan yang beranggotakan fleksibel dalam kelompok
2.       Ditinggal sendiri untuk melakukan pemeliharaan rutin tetap
3.       Diberdayakan untuk menentukan berapa tujuannya cocok dengan misi perusahaan (Zuhri, 2012)


2.     KOMUNIKASI DALAM SEBUAH TEAM

Salah satu komponen penting dalam membangun sebuah teamwork yang baik adalah adanya komunikasi yang efektif dalam tim tersebut. Komunikasi dapat memperkuat ataupun memperlemah bahkan menghancurkan sebuah tim. Good communication can build up a team, bad one can break it. Komunikasi yang baik dapat membangun kekuatan sebuah tim, sedangkan komunikasi yang buruk dapat menghancurkannya.Hal ini dapat kita lihat secara nyata dalam contoh sebuah sapu lidi. Batang yang digunakan untuk membuat sapu lidi teramat tipis dan rapuh. Seorang anak berusia lima tahun pun dapat mematahkannya dengan mudah. (Kandani, 2013)

3.     Keterbukaan dan saling percaya

Ø  Anggota menyadari ketergantungan di antara merekadan memahami bahwa sasaran pribadi maupun tim paling baik dicapai dengan cara saling mendukung.
Ø  Anggota tim ikut merasa memiliki pekerjaan dan organisasinya (sense of belonging) karena mereka memiliki komitmen terhadap sasaran yang akan dicapai;
Ø  Anggota bekerja dalam suasana saling percaya dan didorong untuk mengungkapkan ide, pendapat, ketidaksetujuan serta mencetuskan perasaan (Fatur, 2013)



Daftar Pustaka

admin. (2012, Juni 14). Pentingnya Membangun Tim Kerja Anda yang Efektif. Retrieved Agustus 04, 2016, from ikhtisar.com: http://ikhtisar.com/membangun-tim-kerja-yang-efektif/
Fatur. (2013, Januari 12). fatur22.files. Retrieved Agustus 03, 2016, from MODUL MEMBANGUN KERJASAMA TIM: https://fatur22.files.wordpress.com/2013/01/team_building_prajabiii_2011.pdf
febriansyah. (2012, Mei 12). PENGERTIAN TEAM WORK ( KERJA SAMA TEAM ). Retrieved Agustus 04, 2016, from BELAJAR MENGHORMATI BUMI: http://febriansyah-borek.blogspot.co.id/2013/10/pengertian-team-work-kerja-sama-team.html
Kandani, H. (2013, Juli 12). BERKOMUNIKASI EFEKTIF DALAM SEBUAH TEAM. Retrieved Agustus 03, 2016, from motivatorindonesia: http://motivatorindonesia.com/artikel-kepemimpinan/berkomunikasi-efektif-dalam-sebuah-team.html
Zuhri, S. (2012, Juli 11). Pembentukan Team. Retrieved Agustus 03, 2016, from nasateknik: http://nasateknik76.blogspot.co.id/2012/07/800x600-normal-0-false-false-false-en_11.html






Link Download Artikel DISINI









Biografi        
Nama             : Ahmad Faisal S.N
Sekolah            : Smki 1 Blitar



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »