1. Pengertian
Team Kerja
Membangun tim adalah seperti
pembinaan tetapi untuk kelompok.Agar efektif orang perlu bekerja sama menuju
tujuan bersama secara terkoordinasi dan kooperatif. membangun tim adalah suatu
proses yang sistematis yang dirancang untuk meningkatkan hubungan kerja dan
fungsi tim (febriansyah, 2012)
Ø
Alasan mengapa membuat team sangat penting
adalah:
1.
sebagian besar organisasi sangat kompleks dan
dengan de-layering harus ada team building bagi mereka untuk berhasil
2.
semua orang perlu bekerja menuju tujuan bersama
(team building yang akan menghasilkan dan memelihara) yang harus dicapai dan
jelas dikomunikasikan
3.
tim lingkungan bangunan akan mengungguli
lingkungan tim tidak berbasis (admin, 2012)
Ø
Tujuan Pembentukan team
1.
Klarifikasi visi dan misi
2.
Pembentukan peran anggota tim dan tanggung jawab
3.
Mekanisme untuk menyelesaikan konflik dan
penghapusan perilaku disfungsional
Ø
Peraturan Pembentukan Tim
1.
Sebuah kelompok kecil (biasanya 5 sampai 15
karyawan) yang "memiliki" bagian yang berbeda dari proses dan yang
beranggotakan fleksibel dalam kelompok
2.
Ditinggal sendiri untuk melakukan pemeliharaan
rutin tetap
3.
Diberdayakan untuk menentukan berapa tujuannya
cocok dengan misi perusahaan (Zuhri, 2012)
2.
KOMUNIKASI DALAM
SEBUAH TEAM
Salah satu komponen penting dalam membangun sebuah teamwork
yang baik adalah adanya komunikasi yang efektif dalam tim tersebut. Komunikasi
dapat memperkuat ataupun memperlemah bahkan menghancurkan sebuah tim. Good
communication can build up a team, bad one can break it. Komunikasi yang baik
dapat membangun kekuatan sebuah tim, sedangkan komunikasi yang buruk dapat
menghancurkannya.Hal ini dapat kita lihat secara nyata dalam contoh sebuah sapu
lidi. Batang yang digunakan untuk membuat sapu lidi teramat tipis dan rapuh.
Seorang anak berusia lima tahun pun dapat mematahkannya dengan mudah. (Kandani,
2013)
3.
Keterbukaan dan saling percaya
Ø
Anggota menyadari ketergantungan di antara
merekadan memahami bahwa sasaran pribadi maupun tim paling baik dicapai dengan
cara saling mendukung.
Ø
Anggota tim ikut merasa memiliki pekerjaan dan
organisasinya (sense of belonging) karena mereka memiliki komitmen terhadap
sasaran yang akan dicapai;
Ø
Anggota bekerja dalam suasana
saling percaya dan didorong untuk mengungkapkan ide, pendapat, ketidaksetujuan
serta mencetuskan perasaan (Fatur, 2013)
Daftar Pustaka
admin. (2012, Juni 14). Pentingnya Membangun Tim
Kerja Anda yang Efektif. Retrieved Agustus 04, 2016, from ikhtisar.com:
http://ikhtisar.com/membangun-tim-kerja-yang-efektif/
Fatur. (2013, Januari 12). fatur22.files. Retrieved
Agustus 03, 2016, from MODUL MEMBANGUN KERJASAMA TIM:
https://fatur22.files.wordpress.com/2013/01/team_building_prajabiii_2011.pdf
febriansyah. (2012, Mei 12). PENGERTIAN TEAM WORK
( KERJA SAMA TEAM ). Retrieved Agustus 04, 2016, from BELAJAR MENGHORMATI
BUMI:
http://febriansyah-borek.blogspot.co.id/2013/10/pengertian-team-work-kerja-sama-team.html
Kandani, H. (2013, Juli 12). BERKOMUNIKASI
EFEKTIF DALAM SEBUAH TEAM. Retrieved Agustus 03, 2016, from
motivatorindonesia: http://motivatorindonesia.com/artikel-kepemimpinan/berkomunikasi-efektif-dalam-sebuah-team.html
Zuhri, S. (2012, Juli 11). Pembentukan Team.
Retrieved Agustus 03, 2016, from nasateknik:
http://nasateknik76.blogspot.co.id/2012/07/800x600-normal-0-false-false-false-en_11.html
Biografi
Nama : Ahmad Faisal S.N
Sekolah : Smki 1 Blitar