Open Shortest Path First (OSPF)







1.     Definsi OSPF

Open Shortest Path First (OSPF) adalah sebuah routing protokol standar terbuka yang telah di implementasikan oleh sejumlah besar vendor jaringan. Kategori: Protokol Internet. Standar Internet. (wikipedia, 2013)

Open Shortest Path First (OSPF) adalah routing protocol untuk Internet Protocol (IP) jaringan. Ini menggunakan link state routing yang algoritma (LSR) dan jatuh ke dalam kelompok protokol routing interior , yang beroperasi dalam satu sistem otonom (AS). Hal ini didefinisikan sebagai OSPF Versi 2 di RFC 2328 (1998) untuk IPv4 . [1] The update untuk IPv6 ditetapkan sebagai OSPF Versi 3 di RFC 5340 (2008).

OSPF adalah mungkin yang paling banyak digunakan interior gateway protocol (IGP) di jaringan perusahaan besar. Antara Sistem untuk Menengah Sistem (IS-IS), link-state protocol routing dinamis lain, lebih sering terjadi pada jaringan penyedia layanan besar. Yang paling banyak digunakan protokol eksterior gateway adalah Border Gateway Protocol (BGP), protokol routing utama antara sistem otonom di Internet. (wikipedia, 2016)






2.      Protocol Messages

OSPF membentuk datagram IP langsung, kemasan mereka menggunakan protokol nomor 89 untuk bidang IP Protocol. OSPF mendefinisikan lima jenis pesan yang berbeda, untuk berbagai jenis komunikasi:

  ü  Halo pesan digunakan sebagai bentuk ucapan, untuk memungkinkan router untuk menemukan             router berdekatan lainnya pada link dan jaringan lokal.
  ü  Database Description pesan berisi deskripsi dari topologi dari sistem otonom atau daerah. Mereka      menyampaikan isi database link-state (LSDB) untuk daerah dari satu router yang lain.
  ü  Link State Request Pesan ini digunakan oleh satu router untuk meminta informasi terbaru tentang      sebagian dari LSDB dari router lain. Pesan menentukan mana yang Link (s) tentang mana                    perangkat yang meminta ingin informasi lebih lanjut saat ini.
  ü  Link State Update Pesan-pesan ini berisi informasi terbaru tentang keadaan link tertentu pada              LSDB. Mereka dikirim untuk menanggapi Permintaan pesan Link State, dan juga disiarkan atau          multicast oleh router secara teratur.
  ü  Link State Acknowledgment Pesan ini menyediakan keandalan untuk proses pertukaran link-state,      dengan secara eksplisit mengakui penerimaan pesan Link State Update. (cisco, 2009)


3.     Tipe OSPF Area

ü  Area backbone  (juga dikenal sebagai daerah 0 atau daerah 0.0.0.0) membentuk inti dari jaringan OSPF. Semua daerah lain yang terhubung ke itu, dan antar-daerah routing yang terjadi melalui router yang terhubung ke area backbone dan ke daerah mereka sendiri terkait. Ini adalah struktur logis dan fisik untuk 'domain OSPF' dan terpasang ke seluruh area nol dalam domain OSPF.
ü  Stub area adalah daerah yang tidak menerima dengan iklan eksternal ke sistem otonom (AS) dan routing dari dalam kawasan ini didasarkan sepenuhnya pada rute default. Sebuah ABR menghapus tipe 4, 5 LSA dari router internal mengirimkannya rute default dari 0.0.0.0 dan mati sendiri menjadi default gateway.
ü  A not-so-stubby area (NSSA) adalah jenis daerah rintisan yang dapat mengimpor sistem otonom rute eksternal dan mengirim mereka ke daerah lain, tapi masih tidak dapat menerima rute AS-eksternal dari daerah lain.
ü  Ekstensi proprietary Beberapa vendor (Cisco, Allied Telesis, Juniper, Alcatel-Lucent, Huawei, Quagga), menerapkan dua ekstensi di bawah untuk rintisan dan daerah yang tidak-begitu-gemuk. Meskipun tidak tercakup oleh standar RFC, mereka dianggap oleh banyak menjadi fitur standar dalam implementasi OSPF. (wiki.mikrotik, 2013)





4.     Metrik Routing OSPF

OSPF menggunakan biaya path sebagai metrik routing dasar, yang didefinisikan oleh standar tidak untuk menyamakan ke nilai standar seperti kecepatan, sehingga perancang jaringan bisa memilih metrik penting untuk desain. Dalam prakteknya, itu ditentukan oleh kecepatan (bandwidth) dari antarmuka menangani rute yang diberikan, meskipun yang cenderung membutuhkan faktor skala jaringan-spesifik sekarang bahwa link lebih cepat dari 100 Mbit / s yang umum. Cisco menggunakan metrik seperti 10 8 / bandwidth (nilai referensi, 10 8 secara default, bisa disesuaikan). Jadi, link 100Mbit / s akan memiliki biaya 1, biaya 10Mbit / sa 10 dan sebagainya. Tapi untuk link lebih cepat dari 100Mbit / s, biaya akan <1. (.enterprisenet, 2015)






DAFTAR PUSTAKA


.enterprisenet. (2015, Mei 19). ospf. Retrieved from enterprisenet: http://www.enterprisenetworkingplanet.com/netsp/article.php/3610496/Networking-101-Understanding-OSPF-Routing.htm
cisco. (2009, Maret 07). pen-shortest-path-first-ospf. Retrieved from cisco: http://www.cisco.com/c/en/us/support/docs/ip/open-shortest-path-first-ospf/7039-1.html
wiki.mikrotik. (2013, april 07). OSPF. Retrieved from wiki.mikrotik: http://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:Routing/OSPF
wikipedia. (2013, agustus 03). OSPF. Retrieved from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/OSPF
wikipedia. (2016, oktober 20). Open_Shortest_Path_First. Retrieved from wikipedia: https://en.wikipedia.org/wiki/Open_Shortest_Path_First









Share this

Related Posts

Previous
Next Post »