PROTOCOL ROUTING OSPF





1.     Definisi Routing Protocol

Routing protocol adalah suatu aturan yang mempertukarkan informasi routing yang akan membentuk sebuah tabel routing sehingga pengalamatan pada paket data yang akan dikirim menjadi lebih jelas dan routing protocol mencari rute tersingkat untuk mengirimkan paket data menuju alamat yang dituju. (teorikomputer, 2012)

Sebuah Routing protokol menentukan bagaimana router berkomunikasi satu sama, penyebaran informasi lain yang memungkinkan mereka untuk memilih rute antara dua node pada jaringan komputer . Routing algoritma menentukan pilihan spesifik rute. Setiap router memiliki pengetahuan apriori hanya jaringan yang melekat padanya secara langsung. Sebuah routing protokol berbagi informasi ini pertama di antara tetangga dekat, dan kemudian seluruh jaringan. Dengan cara ini, router mendapatkan pengetahuan tentang topologi jaringan. (wikipedia, 2016)


2.     Jenis-Jenis Protocol Routing

  ü  Interior Routing Protocol biasanya digunakan pada jaringan yang bernama Autonomous System,       yaitu sebuah jaringan yang berada hanya dalam satu kendali teknik yang terdiri dari beberapa             subnetwork dan gateway yang saling berhubungan satu sama lain.

  ü  Exterior Routing Protocol Pada dasarnya internet terdiri dari beberapa Autonomous System yang        saling berhubungan satu sama lain dan untuk menghubungkan Autonomous System dengan                 Autonomous System yang lainnya maka Autonomous System menggunakan exterior routing               protocol sebagai pertukaran informasi routingnya. (Zuhadi, 2016)

  ü  RIP (Routing Information Protocol) adalah jenis protokol kuat digunakan dalam jaringan area lokal   dan jaringan area luas. RIP (Routing Information Protocol) tipe dikategorikan protokol gateway         interior dalam penggunaan algoritma distance vector.

  ü  Interior Gateway routing protokol (IGRP) Ini adalah Distance ve IGRP (Interior Gateway Protocol)     oleh Cisco. Router digunakan untuk pertukaran data rute dalam suatu sistem independen.

  ü  Interior Gateway routing protokol (IGRP) Ini adalah Distance ve IGRP (Interior Gateway Protocol)     oleh Cisco. Router digunakan untuk pertukaran data rute dalam suatu sistem independen.

  ü  Open Shortest Path First (OSPF) adalah sebuah protokol routing yang aktif yang digunakan dalam       protokol internet. (infoneroy, 2012)

  ü  Exterior Gateway Protocol (EGP) Protokol routing yang mutlak bagi internet eksterior gerbang           protokol yang ditetapkan tahun 1982 oleh Eric C.

  ü  Peningkatan Interior Gateway Routing Protocol (EIGRP) berdasarkan IGRP asli mereka saat itu           adalah milik Cisco routing protokol.

  ü  Border Gateway Protocol (BGP) adalah protokol routing inti internet dan bertanggung jawab untuk    menjaga meja jaringan protokol Internet yang mengotorisasi kemampuan jaringan mencapai antar      AS.

  ü  Intermediate System-to-Intermediate System (IS-IS) adalah protokol yang besar digunakan oleh           perangkat jaringan untuk menentukan cara terbaik untuk datagram. (deenugraha, 2014)

3.     Konfigurasi OSPF - Backbone Area

OSPF memiliki beberapa tipe area diantaranya:
  ü  Bakcbone - Area 0 (Area ID 0.0.0.0) -> Bertanggung jawab mendistribusikan informasi routing          antara non-backbone area. Semua sub-Area HARUS terhubung dengan backbone secara logikal.

  ü  Standart/Default Area -> Merupakan sub-Area dari Area 0. Area ini menerima LSA intra-area dan       inter-area dar ABR yang terhubung dengan area 0 (Backbone area).

  ü  Stub Area -> Area yang paling "ujung". Area ini tidak menerima advertise external route                    (digantikan default area).

  ü  Not So Stubby Area -> Stub Area yang tidak menerima external route (digantikan default route)         dari area lain tetapi masih bisa mendapatkan external route dari router yang masih dalam 1                   area. (mikrotik, 2012)















DAFTAR  PUSTAKA


deenugraha. (2014, Mei 06). routing-dan-protokol-routing. Retrieved November 01, 2016, from deenugraha: https://deenugraha.wordpress.com/about/routing-dan-protokol-routing/
infoneroy. (2012, Agustus 07). jenis-routing-protokol-rip-igrp-osp. Retrieved November 1, 2016, from infoneroy: http://infoneroy.blogspot.co.id/2012/03/jenis-routing-protokol-rip-igrp-ospf.html
mikrotik. (2012, September 19). OSPF. Retrieved November` 01, 2016, from mikrotik: http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=154
teorikomputer. (2012, januari 01). pengertian-routing-protoco. Retrieved Noember 01, 2016, from teorikomputer: http://www.teorikomputer.com/2012/12/pengertian-routing-protocol.html
wikipedia. (2016, Oktober 06). Routing_protocol. Retrieved November 01, 2016, from wikipedia: https://en.wikipedia.org/wiki/Routing_protocol
Zuhadi. (2016). Denpasar: zenhadi.lecturer.pens.ac.id/kuliah/Jarkom1/Modul%206%20Routing.pdf.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »