Troubleshooting lapisan transportasi jaringan WAN














1.     NetWare

NetWare adalah sebuah sistem operasi jaringan yang umum digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Novell, dan dibuat berbasiskan tumpukan protokol jaringan Xerox XNS.

NetWare telah digantkan oleh Open Enterprise Server (OES). Versi terakhir dari NetWare hingga April 2007 adalah versi 6.5 Support Pack 6, yang identik dengan OES-NetWare Kernel, Support Pack 2. (wikipedia, 2013)


2.      IPX/SPX           

Internetwork Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange, masing-masing berasal dari Xerox Network Systems 'IDP dan SPP protokol. IPX adalah protokol lapisan jaringan (lapisan 3 dari OSI Model), sedangkan SPX adalah lapisan protokol transport (lapisan 4 dari OSI Model). Lapisan SPX terletak di atas lapisan IPX dan menyediakan koneksi berorientasi layanan antara dua node pada jaringan. SPX digunakan terutama oleh klien / server aplikasi. IPX/SPX mempunyai fungsi utama sebagai media transmisi data dan menjamin validitas data yang ditransmisikan oleh IPX sehingga data yang dikirim tidak mengalami gangguan ataupun terjadi kerusakan pada data. (wikipedia, IPX/SPX, 2013)


3.     Sejarah IPX/SPX

IPX dan SPX diturunkan dari Xerox Network Systems 'IDP dan SPP protokol, masing-masing. IPX adalah protokol lapisan jaringan (lapisan 3 dari OSI Model), sedangkan SPX adalah protokol lapisan transport (lapisan 4 dari OSI Model). SPX lapisan yang duduk di atas layer IPX dan menyediakan layanan yang berorientasi koneksi antara dua node di dalam jaringan. SPX digunakan terutama oleh klien / server aplikasi. (bagsu, 2012)

4.     Layanan IPX

IPX menyediakan layanan datagram atas paket-switched internetwork. Operasi dasarnya mirip dengan IP (Internet Protocol), namun skema pengalamatan, struktur paket, dan cakupan umum yang b Anggota lainnya dari Novell NetWare adalah protokol SPX (sequencing Paket Exchange), yang berada di lapisan transport. Jika dibandingkan dengan TCP / IP protocol suite, IPX routing dan menyediakan layanan internetwork serupa dengan IP, dan SPX menyediakan layanan lapisan transport serupa dengan TCP. IPX dan IP adalah connectionless datagram protokol, sementara SPX dan TCP merupakan protokol berorientasi koneksi. erbeda. Protokol internetworking beroperasi di lapisan jaringan dan mencakup layanan routing. (techopedia, 2012)

NetWare IPX/SPX

Dua protokol routing yang tersedia di lingkungan NetWare tradisional: RIP (Routing Information Protocol) dan NLSP (NetWare Jasa Link Protocol). RIP adalah protokol routing tradisional untuk NetWare. protokol disukai adalah NLSP, yang menggunakan link-state algoritma routing yang lebih efisien. Link-state routing protokol melacak status router lainnya dan link, dan dapat beradaptasi lebih cepat terhadap perubahan topologi jaringan. protokol ini dibahas di tempat lain.
Server dan router pada NetWare jaringan penggunaan SAP (Service Advertising Protocol) untuk menyiarkan pesan yang menunjukkan jenis layanan yang mereka berikan. Pesan-pesan ini disiarkan setiap 60 detik. (inktionary, 2010)






DAFTAR PUSTAKA

bagsu. (2012, November 18). SPX. Retrieved oktober 26, 2016, from Knowledge From Me: https://bagusgates.blogspot.co.id/2012/08/protokol-jaringan-netbios-apple-talk.html
inktionary. (2010, September 14). spx. Retrieved Oktober 26, 2016, from inktionary: http://www.linktionary.com/i/ipx.html
techopedia. (2012, desember 07). protokol jaringan netbios apple talk. Retrieved Oktober 26, 2016, from techopedia: https://www.techopedia.com/definition/7821/internetwork-packet-exchangesequenced-packet-exchange-ipx-spx
wikipedia. (2013, april 06). IPX/SPX. Retrieved Oktober 26, 2016, from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/IPX/SPX
wikipedia. (2013, april 06). NetWare. Retrieved from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Novell_NetWare




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »