Pemecahan Masalah lapisan data link jaringan WAN



















1.     Ethernet
Ethernet adalah keluarga teknologi jejaring komputer untuk jaringan wilayah setempat (LAN). Ethernet mulai merambah pasaran pada tahun 1980 dan dibakukan pada tahun 1985 sebagai IEEE 802.3. Ethernet telah berhasil menggantikan kabel teknologi LAN yang ikut bersaing lainnya. Baku Ethernet terdiri dari beberapa kabel dan sinyal yang beragam dari lapisan wujud OSI yang digunakan dengan Ethernet. Ethernet 10BASE5 asli menggunakan kabel sesumbu sebagai sarana berkongsi (shared medium). (wikipedia, 2016)

2.      full-duplex ethernet
Full-duplex adalah modus opsional operasi yang memungkinkan komunikasi simultan antara sepasang stasiun. Hubungan antara stasiun harus menggunakan sebuah segmen media point-to-point, seperti twisted-pair atau media serat optik, untuk memberikan transmit mandiri dan menerima jalur data. Dengan modus full-duplex diaktifkan, kedua stasiun secara bersamaan dapat mengirim dan menerima, yang menggandakan kapasitas agregat link. (safari, 2014)


3.     Format bingkai ethernet
Sebuah paket data pada Ethernet link yang disebut paket Ethernet, yang mengangkut sebuah frame Ethernet sebagai payload.  Sebuah Ethernet frame yang didahului oleh basa-basi dan mulai bingkai pembatas (SFD), yang keduanya bagian dari paket Ethernet di lapisan fisik . Setiap frame Ethernet dimulai dengan header Ethernet, yang berisi tujuan dan sumber alamat MAC sebagai dua bidang pertama. Bagian tengah frame adalah data payload termasuk header untuk protokol lain (misalnya, Internet Protocol ) dilakukan dalam bingkai. Frame berakhir dengan frame check sequence (FCS), yang merupakan 32-bit cek redundansi siklik digunakan untuk mendeteksi di-transit korupsi data. (wikipedia, Ethernet frame, 2016)


4.     Proses token passing
Dalam telekomunikasi , token passing adalah metode akses channel mana sinyal yang disebut token dilewatkan antara node yang memberi kewenangan node untuk berkomunikasi. Contoh yang paling terkenal adalah token ring dan ARCNET . Skema token passing memberikan penjadwalan round-robin , dan jika paket yang berukuran sama, penjadwalan adalah max-min adil . Keuntungan lebih dari pertengkaran berdasarkan akses channel adalah bahwa tabrakan dieliminasi, dan bahwa saluran bandwidth yang dapat dimanfaatkan sepenuhnya tanpa waktu idle ketika permintaan berat. Kelemahannya adalah bahwa bahkan ketika permintaan ringan, stasiun yang ingin mengirimkan harus menunggu token, meningkatkan latency . (wikipedia, Token passing, 2015)


5.     Proses token passing
Dalam komputasi, bandwidth adalah bit-rate kapasitas informasi yang tersedia atau dikonsumsi dinyatakan biasanya di metrik kelipatan bit per detik. Berbagai, bandwidth dapat dicirikan sebagai bandwidth jaringan, bandwith data atau bandwidth digital..Definisi ini bandwidth ini berbeda dengan bidang pemrosesan sinyal , komunikasi nirkabel , modem transmisi data , komunikasi digital , dan elektronik , di mana bandwidth yang digunakan untuk merujuk ke analog bandwidth sinyal diukur dalam hertz , yang berarti rentang frekuensi antara terendah dan tertinggi frekuensi dicapai saat pertemuan tingkat penurunan yang didefinisikan dalam kekuatan sinyal. Namun, bit rate yang sebenarnya yang dapat dicapai tidak hanya tergantung pada bandwidth sinyal, tetapi juga pada kebisingan pada saluran. (Encore, 2016)







DAFTAR PUSTAKA

Encore. (2016). Managemnt Brandwith. www.encore-usa.com/us/sites/default/.../EN-MGS24_spec.pdf.
safari. (2014, Januari 29). ethernet-the-definitive. Retrieved Oktober 19, 2014, from safari: https://www.safaribooksonline.com/library/view/ethernet-the-definitive/1565926609/ch04.html
wikipedia. (2015, November 15). Token passing. Retrieved Oktober 19, 2016, from wikipedia: https://en.wikipedia.org/wiki/Token_passing
wikipedia. (2016, Mei 20). Ethernet. Retrieved oktober 2016, 19, from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Ethernet
wikipedia. (2016, Agustus 14). Ethernet frame. Retrieved Oktober 19, 2016, from wikipedia: https://en.wikipedia.org/wiki/Ethernet_frame






Silahkan Download Word DISINI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »